Selasa, 11 November 2014

Membiasakan Anak untuk Rajin Menggosok Gigi

Saat ini banyak anak- anak yang menghiraukan kesehatan gigi mereka. Anak- anak memang sangat menyukai makanan yang manis- manis, contohnya permen, coklat, es krim dan lain- lainnya. Namun saat ini banyak juga anak- anak yang mengalami masalah pada giginya. Banyak anak yang mengalami sakit gigi akibat lubang yang timbul pada giginya. Penyebab terjadinya lubang pada gigi itu salah satunya adalah tidak rajinnya  sang anak dalam menggosok gigi. Menggosok gigi itu wajib, karena itu menyangkut kesehatan gigi kita, gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, anak itu harus di biasakan untuk memperhatikan kesehatan gigi nya.

Selain itu, anak juga harus di biasakan untuk tidak sering mengonsumsi makanan yang manis- manis. Jika anak setiap hari mengonsumsi makanan yang manis- manis , hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan gigi sang anak. Selain itu, anak juga harus lebih memperhatikan kesehatan gigi mereka, memang gigi anak – anak itu masih dalam tahap gigi susu, yang artinya suatu hari akan  berganti dengan gigi permanen, meskipun gigi itu tanggal, masih akan tumbuh lagi gigi permanen.

Namun hal ini tidak di jadikan alasan untuk mengabaikan kesehatan gigi anak. Lagi pula sakit gigi itu tidak terhankan, anak- anak akan merasa sangat terganggu dan tidak nyaman bila dia sudah merasakan sakit gigi. Makanan yang dapat merusak gigi selain makanan yang manis juga makanan yang panas, hal ini juga harus kita ajarkan pada anak. Setiap habis makan kita ajarkan anak untuk menggosok gigi nya, setelah itu sebelum tidur pun kita ingatkan lagi, dan jika bisa kita sempatkan untuk menggosok gigi bersama anak kita, jika orang tua nya melakukan hal itu setiap hari secara rajin, maka lama kelamaan anak pun akan mengikuti nya. Ajarkan pula pada anak betapa pentingnya menggosok gigi bagi kesehatan gigi kita, agar tidak terdapat lubang pada gigi, kita harus sering memperhatikan kesehatan gigi kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar