Minggu, 12 Oktober 2014

Bahaya Kafein bagi kesehatan


Saat ini sepertinya kafein sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia dan bahkan saat ini kafein tengah menjadi kebutuhan untuk beberapa orang. Betapa tidak, senyawa kafein setiap harinya selalu dikonsumsi dan bak kebutuhan pokok, jika tidak mengkonsumsi kafein seseorang akan merasakan hari-harinya kurang lengkap. Kafein yang banyak dikonsumsi oleh banyak orang biasanya datang dalam bentuk minuman atau makanan ringan seperti diantaranya kopi, teh, soda, coklat dan lain sebagainya.
Berbicara mengenai kafein, apa yang anda ketahui mengenai kafein? Umumnya, kita lebih mengenal kafein sebagai bahan stimulan yang mampu membuat seseorang untuk lebih terjaga dan mengusir kantuk saat malam hari, sehingga akhirnya dapat mencegah seseorang untuk tidak tertidur. Itulah mengapa, kafein sering kali dijadikan pilihan untuk seseorang yang memiliki kepentingan dengan jam malamnya. Namun, apakah benar bahwa kafein memiliki efek yang demikian? Terlepas dari semua itu, sebenarnya masih ada banyak efek kafein untuk tubuh yang mungkin sebagian besar dari kita belum mengetahuinya.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan kupas lebih dalam efek apa sajakah yang akan terjadi pada tubuh ketika kita mengkonsumsi kafein.

1. Kafein Tidak Membuat Anda Bisa Menghindari Rasa Kantuk
Seperti dijelaskan diatas, bahwa kafein lebih dipercaya dapat menghindarkan seseorang dari rasa kantuk dan akhirnya membuat mereka tercegah dari tidur. Namun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kafein tidak memberikan pengaruh berarti bagi tidur seseorang. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya percobaan dimana seseorang diberikan kafein pada minumannya sebelum ia hendak tidur, dan secara mengejutkan didapat hasil bahwa tidak terjadi perubahan secara berarti dengan tidurnya. Dengan demikian, mungkin saja efek kafein yang dirasakan seseorang selama ini merupakan sugesti belaka.
2. Kafein Membuat Seseorang Merasa Lebih Baik
Bagi para penikmat kafein, beberapa gelas kopi akan membuat mereka merasa lebih baik. Namun jika kopi yang dikonsumsi jumlahnya terlalu banyak malah akan membuat mereka merasa tidak lebih baik. Dosis yang sedang adalah kuncinya, jika kafein yang anda konsumsi ingin membuat anda merasa lebih baik. Lantas seberapa sedang jumlah kafein tersebut? semua ini bergantung pada seberapa banyak kebiasaan anda meminumnya, juga tergantung dari gen anda yang menentukan seberapa besar tubuh anda mampu menampung dosis kafein. Jika anda adalah seorang penikmat kafein, maka ukuran sedang untuk anda akan jauh lebih besar dibandingkan dengan kerabat anda yang orangtuanya bukanlah penikmat kafein.
3. Kafein Dapat Mempengaruhi Sistem Saraf
Terlalu banyak mengkonsumsi kafein akan memberikan dampak yang cukup ekstrim terhadap jaringan saraf salah satunya adalah tangan yang terus bergetar, merasa pusing mual dan merasa cemas. Parahnya, kondisi ini akan anda rasakan sepanjang hari.
4. Kafein Memicu Peningkatan Stres
Kafein dapat memicu pengeluaran hormon-hormon stress- cortisol (adrenalin) dari kelenjar-kelenjar adrenal yang dapat pula meningkat level kecemasan seseorang dan membuatnya mengalami beberapa gangguan seperti emosi yang mudah meledak, insomnia dan penurunan imunitas. Terus-menerus menstimulasi kelenjar adrenal akhirnya akan dapat mengarah pada keletihan adrenal yang akan membuat seseorang menjadi rentan dan riskan terhadap berbagai serangan penyakit.
Demikianlah beberapa pengaruh kafein untuk tubuh manusia. Ternyata masih ada banya hal yang selama orang keliru berpikiran mengenai kafein, nah dengan artikel ini semoga dapat menambah pengetahuan anda dan menjadi berguna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar